Jumat, 28 September 2012

KEPERAWATAN SEBAGAI PROFESI


KEPERAWATAN SEBAGAI PROFESI

Pengertian dan Kriteria Profesi
Schein EH (1962)
Profesi merupakan sekumpulan pekerjaan yang membangun suatu norma yang sangat khusus yang berasal dari perannya di masyarakat.
Hughes EC (1963)
Profesi adalah mengetahui yang lebih baik tetang sesuatu hal dari orang lain serta mengetahui lebih baik dari kliennya tentang apa yang terjadi pada kliennya.
Dari du pengertian trsebut, profesi mempunyai beberapa kriteria, di antaranya apabila sesuatu pekerjaan yang mempunyai kriteria itu sendiri secara khusus dapat dikatakan suatu profesi seperi Abraham Flexner (1915) yang menyatakan suatu pekerjaan dapat dikatakan suatu profesi apabila memnuhi syarat seperti yang adanya aktvitas intelektual, pekerjaannya brdasarkan ilmu dan belajar untuk tujuan praktek dan pelayanan, dapat diajarkan, terorganisir secara internal serta altruistik (untuk kepentingan masyarakat).
Greenwood E (1957), ciri suatu pekerjaan sebagai profesi adalah adanya teori yang sistematik, otoritas, wibawa (martabat), kode etik dan budaya profesional.
Hall (1968), suatu profesi yaitu suatu pekerjaan yang harus melalui proses empat tahapan diantaranya: telah memperoleh badan pengetahuan dari institusi pendidikan tinggi, menjadi pekerjaan utama, adanya organisasi profesi dan terdapat kode etik.


Hakekat Keperawatan
Pada hakekatnya keperawatan merupakan suatu ilmu dan kiat, profesi yang berorientasi pada pelayanan, memiliki empat tingkat klien (individu, keluarga, kelompok dan masyarakat) serta pelayanan yang mencakup slurh rentang pelayanan kesehatan secara keseluruhan.
Adapun hakekat keperawatan meliputi: pertama, sebagai ilmu dan seni merupakan suatu ilmu yang dalam aplikasinya lebih ke arah ilmu terapan dengan menggunakan pengetahuan, konsep dan prinsip serta mempertimbangkan seni dalam memenuhi kebutuhan dasar manusia dari berbagai kelompok ilmu diantaranya ilmu alam dasar, ilmu perilaku, ilmu sosial, ilmu keperawatan klinik dan komunitas serta dalam prakteknya menggunakan pendekatan ilmih yang berorientasi pada proses penyelesaian masalah dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar manusia. Kedua, sebagai profesi yang berorientasi kepada pelayanan, maka dalam kesehariannya keperawatan berusaha dengan segala tindakan atau kegiatan bersifat membantu klien atau manusia dalam mengatasi efek dari masalah sehat atau sakit dalam kehidupannya untuk mencapai kesejahteraan. Ketiga, mempunyai tiga sasaran dalam pelayanan keperawatan, di antaranya individu, keluarga dan masyarakat sebagai klien. Keempat, pelayanan keperawatan mencakup seluruh rentang pelayanan kesehatan. Dalam pelayanan keperawatan bersama-sama dengan tenaga kesehatan lain memberikan pelayanan kesehatan melalui peningkatan kesehatan dan pembinaan kesehatan, pencegahan penyakit, penentuan diagnosis dini, penyembuhan serta rehabilitasi dan pembatasan kecacatan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar